FoSSEI Jatim: Roadshow Seminar Pasar Modal Syariah di KSEI FEB Universitas Negeri Jember


Pasar modal merupakan sebuah kegiatan yang sudah tidak asing untuk kalangan yang berada didunia bisnis. Menurut Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal mendefinisikan pasar modal sebagai “Kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan Perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek”. Pengetahuan mengenai pasar modal sangat dibutuhkan untuk menambah Ilmu yang bisa digunakan untuk masa mendatang terutama mengenai Pasar Modal dengan sistem Syariah.

Kegiatan Seminar Pasar Modal Syariah (SPMS) merupakan sebuah solusi untuk menambah wawasan pengetahuan mengenai Pasar Modal Syariah. Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) regional Jawa Timur telah melaksanakan kegiatan Seminar Pasar Modal Syariah (SPMS) 2019 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember (FEB UNEJ) yang secara resmi dibuka pada hari Sabtu (red, 30/03).

Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (KSEI FEB UNEJ) terpilih menjadi tuan rumah yang bisa mengadakan Seminar Pasar Modal Syariah 2019. Sebelumnya pada tahun 2017 KSEI FEB UNEJ juga pernah menjadi tuan rumah untuk acara SPMS. Hal ini merupakan suatu kebanggaan karena dipercaya untuk melaksanakan acara

SPMS dalam 5 tahun terakhir selama 2 kali. SPMS merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh konsolidasi Presidium NasionalFoSSEI dengan Koordinator Regional atau Kelompok Studi Ekonomi Islam yang diadakan sebagai ajang silaturahim sekaligus sebagai sosialisasi dan edukasi pasar modal syariah di Indonesia. Pada kesempatan kali ini juga dihadiri langsung oleh Presidium Nasional Kadeisasi (Gilang Fatihan), Koordinator Regional FoSSEI Jatim (Achmad Dika Maulana), dan Koordinator Besuki Raya (Arizal Kurniawan).

Acara Seminar Pasar Modal Syariah 2019 diminati oleh mahasiswa, terbukti peserta yang menghadiri SPMS ini lebih dari 100 peserta. Dengan adanya kegiatan yang banyak diminati oleh mahasiswa ini, Ketua Umum KSEI FEB UNEJ, Vicki Luvian mengharapkan peserta seminar bisa mendapatkan materi mengenai Pasar Modal Syariah ini, “saya harap peserta seminar bisa mendapatkan materi pasar modal syariah dan aktif bertanya jika ada pertanyaan,” ucapnya melalui sambutan pembukaan acara SPMS 2019.

Berbicara mengenai materi Seminar Pasar Modal Syariah yang bertema “Investasi Halal Pilihan Terbaik di Era Revolusi Industri 4.0”. Rosyidah S.EI selaku pemateri dari Bursa Efek Indonesia (Indonesia Stock Exchange) menyampaikan bahwa Investasi di Pasar Modal Syariah bukan termasuk Judi, “Versi Pasar Modal Syariah bukan judi, kalo judi zero sum game, keuntungan diperoleh dari kerugian orang lain, kalo misalnya jual beli keuntungannya bukan dari kerugian orang lain” hal tersebut diperkuat sesuai dengan Fatwa Nomor 80 DSN MUI tahun 2011.

Selain itu, Zanuar Priyatno, SE pemateri dari Sekuritas Indopremier menyampaikan beberapa tips yang bisa dilakukan ketika berinvestasi dengan menggunakan Sistem Online Trading Syariah. Zanuar Priyatno mengatakan “berinvestasilah untuk jangka panjang, bukan untuk satu atau dua bulan” hal ini dikarenakan saham selalu mengalami fluktuasi, resiko fluktuasi untuk investasi jangka panjang itu lebih kecil dari pada transaksi yang dilakukan setiap hari, setiap minggu ataupun setiap bulan.

Pengumuman Best Participant Seminar Pasar Modal Syariah 2019 menjadi akhirdari rangkaian acara yang diselenggarakan di KSEI FEB UNEJ. Dengan adanya acara seminar ini, diharapkan peserta yang menghadiri acara tersebut bisa memahami materi yang sudah disampaikan oleh kedua pemateri yang sudah hadir untuk memberikan Ilmu mengenai Investasi Halal di Pasar Modal Syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *