(CFP) UMKMBisa.com: SOLUSI PEMBIAYAAN PERMODALAN BAGI UMKM BERBASIS CROWDFUNDING SHARIAH

Besarnya kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional tidak bisa dipandang sebelah mata, terbukti dari besarnya kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), selain itu tingginya penyerapan kerja di sektor UMKM juga membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran di Indonesia Menurut Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mencatat kontribusi sektor UMKM Meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen dalam lima tahun terakhir. Tak hanya itu sektor UMKM juga telah membantu penyerapan tenaga kerja di dalam negeri. Serapan tenaga kerja pada sektor UMKM tumbuh dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen dalam periode lima tahun terakhir.

UMKM memiliki peluang besar untuk memajukan perekonomian negara pada umumnya dan meningkatkan pendapatan mereka khususnya, sehingga pemerintah perlu memerhatikan perkembangan UMKM mengingat UMKM telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. Sekitar 88,8 % bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 51,7-97,2%. Oleh karena itu, kerjasama untuk pengembangan dan ketahanan UMKM perlu diutamakan.
Akan tetapi saat ini salah satu masalah yang dihadapi oleh UMKM adalah keterbatasan modal. Akibatnya, UMKM kesulitan dalam meningkatkan kapasitas usahanya atau mengembankan produk-produknya. Ini disebabkan masih banyak UMKM yang belum tersentuh oleh akses lembaga keungan yakni bank. Data membuktikan, sekitar 60 – 70% pelaku UMKM belum memiliki akses pembiayaan perbankan (Bank Indonesia, 2015).

Dewasa ini modal bukanlah permasalahan lagi, kita dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Saat ini hamper seluruh aspek kehidupan melibatkan keberadaan teknologi, salah satunya adalah aspek keungan. Salah satu invonasi dalam aspek keuangan adalah teknologi,FinTechatauFinancial Technologymerupakan inovasi dalam layanan keungan yang bertujuan untuk membuat masyarakat lebih mudah mengakses produk-produk keungan, mempermudah transaksi, dan juga meningkatkan literasi keungan.
Pada saat ini terdapat salah satu jenis FinTech yang dapat memiliki inovasi untuk menjawab permasalahan permodalan yakni CrowdFunding. CrowdFunding adalah proses mengumpulkan dana untuk memulai suatu project atau bisnis, yang sumber dananya berasal dari sejumlah besar orang (Crowd). Dengan adanya Crowd Funding maka diharapkan masalah permodalan bukanlah suatu masalah hal yang besar lagi bagi para orang yang ingin membuka sebuah usaha, dikarenakan kita dapat memanfaatkan layanan keungan yang berbasis teknologi saat ini.
Berdasarkan pemaparan diatas, permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yaitu permasalahan modal. Oleh karena itu penulis berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut melalui karya tulis ilmiah yang berjudul “UMKMBisa.com: Solusi Pembiayaan Permodalan Bagi UMKM Berbasis CrowdFunding Syariah”

UMKbisa.comCFP_U-WIN (UMKM Wakaf Integration)APLIKASI BERBASIS CROWDFUNDING DALAM PEMANFAATAN WAKAF PRODUKTIF (CASH WAQF) UNTUK PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH _FAUWAZ AHMAD RAIHAN_CIES (PDF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *