(CFP) Pendayagunaan Zakat sebagai Pemberdayaan Masyarakat Produktif melalui GEN-R (Gerakan Ekonom Rabbani) Sinergi Triple Hellix

Zakat merupakan dana wajib bagi semua umat islam untuk mengeluarkanya jika penghasilanya sudah melebihi nisabnya. Ketua umum Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), ‘’Prof. DR. Didin Hafidhuddin, dalam sebuah kesempatan mengatakan bahwa, potensi zakat di Indonesia sebear Rp. 217 triliun. Bahkan mungkin saja bisa lebih besar dari itu’’. Karena pada tahun lalu saja, salah seorang pengurus Forum Zakat (FOZ) Indonesia, Sri Adi Bramasetia, sudah menyatakan bahwa, potensi zakat Indonesia, dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, bisa mencapai nilai Rp. 300 triliun pertahun. Disinilah peran penting zakat produktif sebagai salah satu program dalam membantu pembiayaan dalam menunjang UMKM yang masih membutuhkan dana dalam mengembangkan usaha. (Sumber: Islamic Society of Central Jersey, www.iscj.org). Dengan menggunakan metode triple hellix yaitu sinergi tiga elemen pemerintah, civitas akademik dan lembaga permasyarakatan melalui peran GEN-R berusaha untuk menjadi peran dalam memberdayakan masyarakat menjadi produktif. Analisis yang digunakan dalam permasalahan ini menggunakan SLA (Sustainable Livelihhood Aproach) dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan potensi sumber daya yang dimiliki. Dari kekurangan inilah yang perlu diperbaiki dengan cara menjadikan masyarakat yang produktif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat kelurahan Kedung Cowek yang masih memiliki keterampilan yang terbatas. Dengan memberikan pendampingan UMKM masyarakat Kedung Cowek melalui pelatihan keterampilan yang inovatif untuk lebih mandiri dan mempunyai daya saing. Selain itu menjadikan kelurahan Kedung Cowek sebagai laboratorium riset kemaritiman khususnya di sumber daya laut yang memang salah satu potensial sumber daya di kelurahan Kedung Cowek.

CFP_Pendayagunaan Zakat sebagai Pemberdayaan Masyarakat Produktif melalui GEN-R (Generasi Ekonom Robbani) Sinergi Triple Hellix_Shamsul_AcSES (PDF)

Keyword : GEN-R, Sustainable Livelihhood, Produktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *